operational cost vs brand image
Pagi tadi, gwa menemukan sesuatu yang menarik. Sebenernya sih 'sesuatu' yang dimaksud disini udah sering terjadi, khususnya di Indonesia.
Tadi pagi pas gwa keluar dari kosan mo ke kantor, di depan rumah lumayan rame, ada mas Gembong (putranya yang punya kosan) sama tetangga lagi ngobrol di depan kosan. Trus ada supir tetangga juga. Gak seperti biasanya rame, biasanya sepi gak ada orang. Trus begitu mengobservasi (ciee observasi), ternyata ada mobil BMW tetangga yang mogok, di parkir di garasi dalem. Nah di depannya ada mobil, di body sampingnya ada tulisan, "BMW 24Hours service". Canggih juga, ada servis 24 jam, BMW gitu loh...
Sebuah brand semewah BMW tentunya punya pelayanan yang bagus donk. Gak heran ada servis 24 jam. Tapi ada yang aneh dengan mobil yang ditempeli tulisan "BMW 24Hours Service" tadi. Yup, mobil Daihatsu TAFT.
Hmm, gwa spontan langsung berkata dalam hati ,"kok servis BMW pake Daihatsu TAFT sih?? kenapa gak pake BMW aja, kan sama-sama BMW". Salah gak sih klo gwa langsung punya pertanyaan itu? Setuju gak klo pertanyaan itu secara langsung ato tidak langsung berkaitan dengan image sebuah brand, secara gwa orang awam di bidang itu.
Costumer yang punya ekspektasi tinggi terhadap pelayanan yang diberikan oleh penjual kan pasti bertanya2 juga. Masa BMW, kendaraan servisnya Daihatsu? Apakah si costumer ini gak merasa dirugikan dengan Brand eksklusif yang ditawarkan?
Tapi di pihak lain, si dealer kan berusaha untuk mengurangi operational cost. Seandainya dia pake BMW sebagai kendaraan servis, kan pasti biaya yang harus dikeluarkan tinggi. Belum klo nyerempet2 heuheuhue Daihatsu TAFT sepertinya memiliki redundancy yang lebih tinggi untuk urusan diserempet motor, ato nyenggol trotoar.
Gwa rasa kekuatan Brand lebih penting. Apalagi costumer adalah Raja, ya gak?
Jadi males beli BMW (males apa gak ada duit...hueheuhuehue)

0 Comments:
Post a Comment
<< Home